May 10, 2014

Interview with Silvina Elya Mayasari "Maya" (MORTALITY)

Silvina Elya Mayasari atau yang lebih akrab disapa teh Maya merupakan gitaris dari salah satu band blackened death metal bernama MORTALITY yang berasal dari kota Bandung. Beliau mengawali karir musiknya bersama Divisi Murka-Death Metal (1996), Vazaratan Corpse(Garut)-Death Metal (2002), MUMMY-Black Metal (2003), BLACK PROJECT-Death Metal (2007) dan kini bersama MORTALITY hingga sekarang. Selain disibukkan dengan MORTALITY, teh maya begitu sapaan yang kerap penggemar lontarkan kepadanya, juga telah berkeluarga yang bersuamikan kang Biye (Bass) yang juga merupakan personil dari MORTALITY. Beliau juga selalu menggunakan identitas kebanggan umat islam yakni jilbab yang selalu ia kenakan disetiap perform dan kesehariannya, SALUT. Lebih lanjutnya silahkan simak wawancara singkat kami bersama teh Maya.


Admin: Assalamualaikum mba Maya, makasih yah udah mau bersedia meluangkan waktunya sejenak untuk sekedar melakukan tanya jawab ini hehe..Gimana kabarnya beserta keluarga sekarang?
Maya: walaikumsalam Wr. wb. Alhamdulillah kami sekeluarga baik baik saja ...

Admin: Sedang sibuk apa nih sekarang bersama MORTALITY?
Maya: sekarang saya dan MORTALITY sedang sibuk untuk menyelesaikan penggarapan album ke 2 kami. Dan beberapa event sudah menanti untuk beberapa bulan kedepan

Admin: Bisa kasih tau, nama asli dari mba Maya sebenernya hehe..?
Maya: heheh nama asli saya Silvina Elya Mayasari

Admin: Sudah berkeluarga kah?
Maya: Alhamdulillah saya sudah berkeluarga dan memiliki 2 orang anak, yang pertama putri usianya 7 tahun yaitu Danella Pear Zee Vincent. Dan yang kedua Putra yaitu Rizky BC Rich Vincent usianya 2 tahun

Admin: Sejak kapan mulai denger dan kepincut sama musik metal?
Maya: saya sudah cinta dengan musik metal sekitar tahun 93-94 an.. Ketika saya masih duduk di bangku SD. Kl gak salah kelas 6 SD. Ketika itu sepupu sepupu saya yang cowo sedang mendengarkan Kreator, saya bertanya "mas musik apa ini..?" Mereka menjawab, dengerin ajah nanti kamu pasti suka. Dan lama lama saya jadi tertarik untuk terus mendengarkan. Serta mencari tau.

Admin: Kenapa harus metal? Kenapa bukan pop, marawis ataupun girlband hehe…?
Maya: semua musik saya senang pop, marawis, dan girl band, tetapi ketika dengerin musik metal tuh ada suatu gairah dan emezing yang bikin saya bener bener semangat untuk bermusik. Dan lingkungan keluarga di rumah pun mendukung. Asalkan positif.

Admin: Awalnya band apa yang pertama kali didenger trus berfikir untuk memutuskan terlibat langsung didunia scene metal?
Maya: Band pertama kali yang saya denger dan saya langsung berpikir ingin memutuskan mencari personil band metal adalah Sepultura - Chaos AD. Kemudian saya juga mendengarkan Suffocation - Effigy Of The Forgotten. Dan tambah mantab pula niat saya untuk bener bener terjun ke dunia metal.

Admin: Sedangkan dari keluarga sendiri, apakah mendukung 100% dengan karir mba didunia musik ekstrim ini? Atau sempat ada penolakan dari keluarga?
Maya: alhamdulillah dari awal saya bermusik keluarga selalu mendukung 100%. Malahan saya sering bangga, orang tua saya suka hadir ketika saya manggung. yang penting prinsip orang tua pada saat itu adalah berkreatifitas dan selalu positif.

Admin: Bisa ceritain dikit aja, proses awal mba Maya akhirnya bisa bergabung dengan MORTALITY sampai sekarang?
Maya: MORTALITY berdiri tahun 1993, dengan personil Biye, Rudy, Balung dan Tantan. Album MORTALITY dengan judul "Satanic War" dirilis tahun 2002 dibawah naungan label ESP. Ketika tahun 2006, Dikarenakan kesibukan para Personilnya, MORTALITY "tertidur". Pada awal tahun 2012 Biye (Bass) MORTALITY yang kebetulan suami saya :) , membangkitkan kembali MORTALITY yang sudah bertahun tahun tertidur. Ketika itu ada kekosongan untuk posisi gitar, Setelah mencari dan mencari tidak kunjung juga dapat. Akhirnya Biye mengajak saya bergabung untuk menjadi guitaris di MORTALITY. Sebelumnya saya juga mempunyai band Death Metal yaitu "BLACK PROJECT". Dan akhirnya bergabunglah saya di MORTALITY sampai sekarang. dan line up MORTALITY saat ini adalah Maya (guitar), Biye (Bass), Balung (Vocal) dan Andriz (Drum)

Admin: Diluar dari kegiatan bersama MORTALITY, Apa kegiatan sehari-hari dari mba Maya sendiri?
Maya: kegiatan saya sehari hari selain bersama MORTALITY, saya bekerja di salah satu perusahaan Farmasi. Dan menjadi seorang ibu yang selalu berusaha memberikan quality of time buat anak anak. Hehehehe

Admin: Sebelum bergabung dengan MORTALITY, apakah mba juga sempat bermain untuk band lain?
Maya: saya sempat bergabung di beberapa Band yaitu Divisi Murka-Death Metal (1996), Vazaratan Corpse(garut)-Death Metal (2002), MUMMY-Black Metal (2003), BLACK PROJECT-Death Metal (2007)

Admin: Biasanya kalo lagi iseng atau sendiri, dengerin lagu apa sih (selain metal lho hehe..)?
Maya: hehe hmm apa yahhhh... Biasanya sih dengerin lagu lagu kaya Cranberries, No Doubt, Pink.. Pokonya yang cewe banget lah hehehe

Admin: Ada sosok metalhead perempuan yang sangat mba kagumi (dari lokal/luar) yang mungkin jadi alesan utama mba untuk terjun ke ranah scene metal? Kalo ada mungkin alasannya apa?
Maya: Hmmm kl metal head perempuan kynya gak ada. Tp ada salah satu yang saya kagumi adalah Muhammed Suiçmez (Necrophagist). Selain Dia sangat sangat lihai dalam bermain gitar, dia juga seorang Muslim.

Admin: Sejak kapan mba Maya mulai memutuskan untuk menggunakan hijab/jilbab? Apa ada proses spiritual sehingga merasa terpanggil?
Maya: Saya memutuskan memakai hijab pada tahun 2012. Saya seorang muslimah dan wajib hukumnya untuk menutup aurat. Dan saya yakin, walaupun berhijab saya masih bisa berkreasi dan membuat suatu karya.

Admin: Salut, Sudah khatam al-qur’an kah?
Maya: Alhamdulillah saya khatam al-qur'an pada saat usia saya 10 tahun.

Admin: Menurut pendapat mba pribadi, bagaimana dengan band metal yang menggunakan lirik-lirik islami dan religius seperti halnya SAFFAR, JERUSALEM, ataupun PURGATORY dalam bermusik?
Maya: sangat sangat positif, dan memberikan nilai plus untuk musik metal, membuktikan bahwa musik metal tidak selalu identik dengan hal hal ekstrim.

Admin: Sampai kapan akan bermain musik?
Maya: saya akan bermain musik sampai saya gak mampu main musik hehehehe.. Kl sampai nenek2 masih mampu why not... :D

Admin: Cita-cita yang belum tercapai hingga saat ini?
Maya: cita cita yang belum tercapai saat ini, kl untuk bidang pendidikan adalah, saya ingin melanjutkan kuliah S2 sampai S3. Dan kl untuk di Band, saya bercita cita ingin kolaborasi dengan Muhammed Suiçmez (Aamiin...) hehehehe

Admin: Ada kegiatan bersama MORTALITY dalam waktu dekat ini?
Maya: dalam waktu dekat ini ada beberapa event bersama MORTALITY tanggal 18 mei di bandung, 1 juni di Garut, dan 15 juni di Subang.

Admin: Yups, sekian dulu yah mba terima kasih banyak lho atas waktunya, sukses terus bersama MORTALITY? Ada pesen-pesen terakhir?
Maya: mungkin pesan saya, untuk wanita metal head, teruslah berkarya dan berkreatifitas.. Tunjukan wanita juga mampu untuk totalitas dalam bermusik. Sekian dan terimakasih hehehehe

Links: Facebook, Reverbnation
(*sumber foto diambil dari facebook Maya Cullen Tophoven)

0 komentar:

Post a Comment