April 25, 2015

CD Reviews: Cronic - Dimensi Berganti

Photo: taken from Cronic Facebook
Jika mendengar musik bergenre thrash metal, maka apa yang terlintas dalam pikiran anda? Sebuah musik tempo cepat dengan suguhan harmonisasi melodi gitar? tentu saja, namun ditangan band asal Banda Aceh bernama Cronic, paradigma tersebut seketika luntur. Yang jelas album ’Dimensi Berganti’ yang rilis pada 17 Agustus 2014 tersebut akan menjawab rasa penasaran anda.

Melalui laman resmi reverbnation Cronic (yang juga bisa anda dapatkan secara legal download), gelontoran 5 track yang mereka publish menjadi komposisi album mereka berikut sampul album serta booklet yang digarap sesederhana mungkin sesuai corak musik mereka.

3 elemen penting yakni vokal, gitar dan drum menjadi semacam sinergisme yang sengaja dikemas dengan middle tempo cenderung slowly untuk ukuran thrash metal. Disini sama sekali saya tidak menjumpai rentetan riff distortif maupun nakalnya melodi gitar layaknya thrash metal pada umumnya. Yang jelas saya hanya dapati struktural pola konstan mudah tertebak.

Ritmenya sekilas menyegarkan ingatan tentang memoar keriuhan tahun 90-an ketika masa keemasan Betrayer, Sucker Head hingga Rotor. Meski terlalu jauh juga bila disandingkan dengan nama-nama besar tersebut namun setidaknya Cronic sukses memikat guna mengenang kembali seluk beluk thrash metal dulu. Oh yaa perlu diketahui, mereka tidak hanya memeragakan gaya thrash metal, aura gelap pun seolah ikut terwakili yang salah satunya terpapar saat nomor ‘Sang Ku Riang’ meluncur deras.

Meski berbeda dari kebanyakan band bergenre thrash metal tetapi setidaknya ‘Dimensi Berganti’ mempunyai arti tentang kesederhanaan dan citra natural sebuah thrash metal. (6.5/10)

0 komentar:

Post a Comment