August 15, 2014

Interview with HUMILIATION

HUMILIATION terbentuk pada tahun 2010 tepatnya didaerah Soreang, kabupaten Bandung. Meskipun terbilang muda di skena metal Bandung, mereka telah berhasil menghasilkan 2 rilisan album cukup berbahaya yakni: split album "Apophis" bersama saudara seangkatan mereka, DEVORMITY pada tahun (2012) dan debut album "Savior of Human Destruction" pada tahun yang sama.

Kabar baiknya kini mereka telah kembali masuk dapur rekaman untuk menyiapkan album kedua berjudul "Fatamorgana". Bila tidak ada hambatan rencananya pada akhir tahun 2014 ini album tersebut sudah bisa diedarkan melalui label rekaman baru bernama, Groupies Merch.
Dan pada kesempatan kali ini kami berhasil mengorek sedikit info terkait persiapan mereka merancang album kedua "Fatamorgana" melalui sang vokalis Adam Ardhandy. Selengkapnya silahkan simak wawancara ringan kami bersama beliau, Enjoy :

Admin: Selamat siang kawan-kawan dari HUMILIATION, gimana kabar HUMILIATION sekarang?
Adam: Alhamdulillah baik :)

Admin: Sedang disibukan apa kegiatan HUMILIATION sekarang?
Adam: Masih sibuk proses recording album ke 2, sama beresin jadwal perform di beberapa kota 

Admin: Apa kegiatan dari masing-masing personil selain bermusik tentunya?
Adam: Menuntut ilmu dan mencari tambatan hati tentunya 

Admin: Haha.. Kalian bisa paparkan sedikit tentang perkembangan skena metal Bandung sampai saat ini..? menurut kalian bagaimana caranya mempertahankan eksistensi di skena metal Bandung, yang telah kita tahu bersama bahwa Bandung merupakan skena yang terkenal paling produktif dalam melahirkan musisi muda handal dan berbahaya dibanding daerah lain di tanah air?
Adam: Perkembangannya semakin banyak band dan EO muda berbakat yang lahir di kota Bandung setiap harinya, intinya kita jgn pernah menyerah dan berhenti berkarya dan mencari inovasi inovasi original dalam melakukan movement untuk komunitas 

Admin: Dari banyaknya band death metal lokal tanah air, siapa saja yang secara tidak langsung mempengaruhi segi musik dari HUMILIATION?
Adam: Bleeding Corpse, Forgotten, Disinfected, Tcukimay, Burgerkill, Godless Symptoms dan masih banyak lagi 

Admin: Selanjutnya mengenai proyek album kedua kalian berjudul "Fatamorgana". Sudah berjalan sejauh mana prosesnya?
Adam: Udah masuk proses pengambilan bass. Hehe

Admin: Tema maupun gambaran lirik seperti apa yang akan kalian sampaikan pada album kedua nanti?
Adam: Masih sambungan dari album pertama, seputar kehidupan sehari2 masih dalam konteks blasphemy tentunya 

Admin: Dengan konsep dewasa yang minimalis tapi sadis! well, kami sudah bisa membayangkan bahwa album ini bakal berbahaya dan harus sangat diwaspadai para penggila death metal lokal hehe.. bisa beritahu sedikit detail tentang konsep yang akan kalian berikan pada album kedua nanti? bila kami bandingkan dengan “Savior of Human Destruction”, apa mungkin akan ada banyak perubahan dan perbedaan dari segi musik?
Adam: Mungkin cenderung lebih dewasa, simple, lebih dibuat padat dan modern juga… 

Admin: Kalian juga sempat memposting beberapa foto sesi drum dan gitar melalui akun facebook HUMILIATION. Untuk sekarang apakah sesi drum dan gitar telah finish semua? apa ada kendala?
Adam: Lebih kondisi fisik sama isi dompet yang menipis karna biaya operasional yang melambung tinggi :P

Admin: Dan selanjutnya tentang proses kalian bergabung kedalam roster berbahaya Groupies Merch. Ceritain donk sedikit gimana awalnya kalian bisa sign dengan label baru asal Bandung tersebut?
Adam: Awalnya kenalan, kita sharing, dan tanpa basi basi lagi kita buat kesepakatan yang berlandaskan kepercayaan dan kesamaan visi dalam dunia musik underground.

Admin: Beberapa waktu lalu kalian juga sempat mengumumkan akan mengikutsertakan beberapa musisi lokal untuk berkolaborasi pada album kedua kalian. Sebut aja seperti: "Bottlesmokers, Ferly Jasad / Kaluman, Hinhin Akew Nectura, Lookas Tcukimay, dan Anggi Revenge the Fate". Pertanyaan kami, apakah album ini juga akan menjadi sebuah penghormatan, penghargaan, sekaligus apresiasi kalian kepada para musisi senior asal Bandung? atau mungkin kalian punya pendapat maupun alasan lain?
Adam: Mungkin karna mereka semua adalah para musisi sekaligus aktifis scene indie bandung yang menginspirasi kami dalam berkarya dan bermusik 

Admin: Ada hal yang membuat rasa penasaran kami bertanya-tanya ketika pertama kali melihat flyer album kedua kalian. Disitu kalian memamerkan sebuah new logo dari HUMILIATION, yang jelas berbeda dengan logo kalian sebelumnya. Alasan mengapa kalian akhirnya merubah logo tersebut?
Adam: Kita cuma pengen semua kalangan bisa baca nama band kami, meskipun kami sadari ga semua orang mau denger musik kami, yah minimal orang bisa baca nama band nya.. heheh :P

Admin: Sedangkan untuk proses mixing dan mastering, rencananya akan kalian lakukan distudio mana?
Adam: ROCK ON STUDIO

Admin: Sedikit bocoran mungkin hehe, kapan akhirnya kami semua dapat menikmati album kedua kalian bertajuk “Fatamorgana”?
Adam: Insya allah kalo ga ada kendala akhir tahun ini album kedua kami bisa rilis, minta doanya aja dari semua 

Admin: Kedepannya apa harapan kalian untuk album kedua ini?
Adam: Dapat pengalaman baru, dapat respon yang baik dari semua metalhead dunia 

Admin: Ada pesan terakhir yang ingin kalian sampaikan untuk para pecinta HUMILIATION?
Adam: Rock on ! and keep it fastern !!! megathanks 4 all GOREMAGEDON !

Admin: Sedikit pertanyaan melenceng hehe.. menurut kalian bisa sebutkan 5 album death metal lokal paling berpengaruh hingga sekarang?
Adam: TIGA ANGKA ENAM “FORGOTTEN”
MELTED “DISINFECTED”
RESSURECTION OF MURDER “BLEEDING CORPSE”
ANNIHILATE THE ENEMY “JASAD”
SUFFERING OF HUMAN DECAPITATED “TURBIDITY”

Admin: Sekian yah wawancara dari kami. Sukses untuk HUMILIATION dan terima kasih atas waktu yang berharga ini. Full support kami (Pasukan Mati) untuk album kedua kalian nantinya 
Adam: MEGATHANKS 4 PASUKAN MATI 

0 komentar:

Post a Comment